Tuesday, April 11, 2017

Penting, Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Pengguna Komputer

Penting, Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Pengguna Komputer - Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting untuk manusia. Banyak hal yang dapat menyebabkan kesehatan mata menjadi menurun, atau bahkan timbulnya gangguan mata. Salah satu kendalanya adalah sering menggunakan komputer.


Terlalu lama bekerja didepan komputer memang dapat menyebabkan mata menjadi lelah, merah, bengkak dan berair. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan terlalu lama maka bisa berakibat pada kerusakan mata yang lebih serius. Bagi anda para pengguna komputer, agar bisa menjaga kesehatan mata dan terhindar dari gangguan mata akibat penggunaan komputer. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga mata agar tetap sehat mesikpun lama didepan komputer :


1. Kurangi kecerahan monitor
Sinar pada layar monitor memag sangat mempengaruhi fleksibilitas mata. Oleh karena itu, bagi para pengguna komputer sangat disarankan untuk mengurangi kecerahan sinar pada layar monitor. Terutama bagi anda yang harus bekerja selama berjam-jam didepan monitor. Tentu saja, anda harus menyeimbangkan cahaya pada layar monitor agar tidak lebih terang dari cahaya lampu di sekitar ruangan.

2. Bekerja di ruangan yang cukup cahaya
Penerangan pada ruangan kerja memang harus cukup dengan cahaya, tidak terlalu suram, dan tidak terlalu gelap. Gunakan kerai, agar cahaya dari jendela bisa diatur dengan mudah. Sedangkan untuk penyimpanan lampu, sebaiknya letakkan di atas kepala atau di belakang punggung. Sehingga anda tidak menatap langsung cahaya lampu.

3. Periksa Monitor Anda
Jika gambar yang ditampilkan didalam monitor yang anda gunakan tidak konsisten, kadang jelas, kadang suram terutama jika dibandingkan dengan monitor lain. Maka, itu tandanya monitor anda harus diganti. Selain itu, anda juga harus secara rutin membersihkan debu atau kotoran yang ada pada monitor anda.

4. Aturlah posisi monitor dengan baik
Posisi monitor tidak bisa seenaknya diletakan dimana saja. Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini bukan hanya agar tidak melelahkan mata, tetapi juga  dapat menjaga agar bahu dan leher cukup aman pada saat bekerja.

5. Bekerjalan dengan font yang cukup besar
Jika anda mengedit tulisan di depan komputer, gunakan huruf dengan ukuran yang cukup besar. Penggunaan ukuran huruf komputer yang ideal adalah 12. Jangan memaksa mata untuk membaca huruf yang lebih kecil pada monitor. Karena, hal seperti itu bisa menyebabkan timbulnya bahaya pada kesehatan mata.

6. Mata juga membutuhkan istirahat
Jika sudah dinilai cukup lama mengedit atau mengetik tulisan di depan komputer. maka istirahatlah sejenak. Relaksasikan mata dengan cara mejamkan sejenak. Jangan sekali-kali anda mengucek mata, namun sering seringlah berkedip. Karena dengan berkedip, dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata tetap basah dan sejuk. Dan jika terlalu lama melihat dengan jarak yang dekat. Maka, alihkan penglihatan pada jarak yang cukup jauh setidaknya sekitar 30 menit sekali.

Nah. itulah beberapa cara yang bisa anda coba. Semoga informasi yang kami berikan pada postingan kali ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman, kerabat dan keluarga. Biarkan mereka mengatahui bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mata.

Post by : Sehat Itu Mahal

No comments:

Post a Comment