Thursday, March 9, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan


Musim hujan adalah musim yang ditunggu oleh banyak orang, meskipun tidak jarang banyak juga orang mengeluh karena hujan ini. 

Petani, para pengojek payung sampai anak kecil adalah beberapa pihak yang menunggu. Tidak demikian dengan penjual es dan para ibu. Jika para anak merasa bahagia hujan datang karena ini tandanya bermain menjadi lebih seru, maka para ibu sebaliknya. 


Keluhan cucian menggunung, sampai tidak bisa tidur semalaman karena buah hatinya terserang pilek adalah keluhan yang umum dikeluarkan oleh Ibu pada saat musim hujan tiba. Maka ibu harus pandai-pandai mencari tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan tiba agar tidak sampai mengorbankan pekerjaan lainnya.

Kesehatan Anak Musim Hujan



Dalam menjaga kesehatan anak, khususnya balita orangtua haruslah berhati-hati. Apalagi bagi mereka yang awam tentang kesehatan. Karena salah dalam cara pengobatan khususnya yang menggunakan bahan-bahan kimia akan memiliki dampak yang tidak sedikit. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan tiba agar tidak terserang beberapa penyakit langganan musim hujan:

Usahakan anak untuk mengurangi minum minuman dingin sementara musim hujan tiba, karena cuaca sudah dingin,

Menggunakan baju hangat dan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon agar anak tetap hangat,

Menggunakan sepatu boot karet dan tentunya jas hujan ketika mereka keluar di saat hujan tiba;

Biasakan untuk memberikan madu sebagai suplemen tambahan yang aman untuk meningkatkan daya tubuh anak,

Bersihkan bak mandi dan lingkungan di sekitar rumah dari barang-barang yang mungkin menjadi tempat tumbuhnya jentik nyamuk. Musim hujan tiba biasanya identic dengan wabah demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk.


Beberapa cara diatas yang telah dirangkum di artikel kesehatan ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah anak didera penyakit yang biasa terjadi pada saat musim penghujan tiba. Namun jika anak pada akhirnya didera penyakit-penyakit diatas, maka tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan ini yang dapat anda lakukan :

Jangan langsung panik ketika anak didera demam atau sakit panas. Jika anak usia 0 – 5 tahun, mengalami panas dengan suhu tubuh 370 C, ini masih normal. Ketika sudah mencapai 400 C atau dengan suhu tubuh 370 C tetapi tidak turun dalam waktu dua hari, maka inilah waktunya anda membawa ke dokter. Maka salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan thermometer sendiri di rumah.

Lebih baik menggunakan hasil uji laboratorium sebelum memberikan pengobatan pada anak. Karena seringnya anak akan diberi antibiotic ketika sakit panas, padahal belum tentu sakitnya karena bakteri. Antibiotic akan lebih sesuai jika digunakan untuk penyakit yang dikarenakan 

No comments:

Post a Comment