Monday, February 6, 2017

Jus Sehat Untuk Penderita Asma

Jus Sehat Untuk Penderita Asma

Jus Sehat Untuk Penderita Asma - Asma adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh penebalan pada saluran bronkial, serta peradangan atau luka kritis pada pernapasan. Asma dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas, serta merasa lemas.

Selain itu, asma juga menimbulkan gejala seperti batuk, nyeri dada, dan mengi. Biasanya, para penderita asma mengandalkan inhaler ketika sedang kesulitan bernapas. Inhaler yang mudah dan praktis di bawa kemanapun sangatlah membantu penderita asma ketika penyakitnya kambuh.

Pemakaian yang praktis serta bermanfaat membuat penderita asma memiliki ketergantungan pada inhaler. Sebenarnya jika terus menerus memakai inhaler tidak baik juga untuk kesehatan, justru akan menjadi penyebab untuk penyakit lain yang lebih serius. Inhaler yang mengandung bahan kimia, salah satunya steroid sangat berisiko pada kesehatan paru-paru Anda.

Kita kesampingkan dulu inhaler, mari maksimalkan cara yang lebih alami yang tidak mempunyai efek samping berarti dalam penyembuhan penyakit asma. Makanan sehat yang dikonsumsi mempunyai peran utama dalam penyakit asma, dengan mengonsumsi makan sehat, anda dapat mengurangi tingkat reaksi energi anda terhadap sesuatu, mempertipis lendir atau cairan yang berada di paru-paru serta meringankan peradangan pada saluran pernapasan. Makanan apa kira-kira yang disarankan untuk dikonsumsi serta dihindari?

Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C dan beta karoten. Anda dapat membuat jus wortel setiap saat, jus wortel kaya akan kandungan vitamin C. Selain jus wortel, ada juga makanan sehat lainnya yaitu daun seledri. Sebagai saran, anda dapat menambahkan daun seledri ke dalam masakan anda, daun seledri mengandung klorofil yang dapat membantu mendetoksifikasi organ usus serta hati anda.

Berikut buah-buahan dan sayuran yang diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita asma, yaitu buah delima, stroberi, bluberry, timun, labu, serai, jahe, selada air, sayur lobak, sayur tomat, dan sayur bayam. Selain dapat mengobati asma, buah serta sayuran tersebut juga dapat membantu proses diet anda.

Jika diatas telah disebutkan beberapa macam buah dan sayur yang dapat anda konsumsi, di bawah ini merupakan beberapa lauk pauk yang bagus dikonsumsi para penderita asma, antara lain ikan tuna, ikan salmon, serta makanan pedas yang mengandung cabai dan bawang putih. Tidak sulit mendapatkan buah, sayur serta lauk pauk tersebut. Hanya perlu konsistensi saja dalam mengatur pola makan yang sehat berimbang, beragam dan bergizi. Supaya lebih mudah dalam mengatur porsi makan sehat diatas, berikut porsi yang disarankan:
  • 2 buah apel hijau, seikat sayur bayam, 6 batang daun seledri, ¼ air lemon, seikat daun peterseli.
  • 1 gelas jus rumput gandum dan perasan air jeruk lemon.
  • 1 adas, 3 buah lobak, ¼ buah nanas, 8 batang daun kangkung, ½ jeruk lemon.
  • 1 timun, ½ ikat selada air, 2 capsicum, ½ jeruk lemon, ¼ buah nanas.
  • 1 gelas jus stroberi, 1 buah delima, 1 gelas jus kranberi.
  • 2 umbi setengah matang, 1 timun, ½ jeruk lemon, 3 batang serai.
Nah, itulah porsi yang disarankan untuk penderita asma. Untuk mencegah asma yang kembali kambuh, anda harus menghindari beberapa hal dibawah ini, berikut:
  • Susu sapi, telur ayam, daging dan sumber makanan hewani lainnya.
  • Monosodium glumat serta natrium, karena dapat mengakibatkan asma kambuh.
  • Buah citrus.
  • Minyak sayur, yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran pernapasan.
  • Alkohol dan soft drink.
Kunci agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit adalah menerapkan gaya hidup yang sehat, jaga pola makan, konsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan munculnya penyakit asma. Ingat, jangan bergantung pada inhaler. Semoga bermanfaat.

Post by: Sehat Itu Mahal

Jus Sehat Untuk Penderita Asma

No comments:

Post a Comment